Cara Reset Pabrik/Factory Reset pada Samsung A8 dan A8 Plus

Diposting pada

Cara Reset Pabrik/Factory Reset pada Samsung A8 dan A8 Plus – Samsung adalah brand yang sudah lama terkenal dan merupakan brand smartphone yang sudah lama berjaya. Tidak heran banyak yang membeli produk smartphone dari samsung ini, dikarenakan sudah terjamin.

Tapi, sebijak apapun kita memakai smartphone pasti ada mengalami suatu masalah baik itu masalah pada sistem operasi, tidak bisa menginstall aplikasi dan lain lain. Nah salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan reset pabrik/factory reset pada smartphone anda. Nah kebetulan pada artikel ini saya akan membagikan bagaimana Cara Reset Pabrik/Factory Reset pada Samsung A8 dan A8 Plus.

Baca Juga : Alasan Kita Memakai HP Android

Nah sebagai informasi lanjut, dengan melakukan reset pabrik maka seluruh data dan aplikasi anda akan hilang.

Disini saya akan membagikan 2 dua cara bagaimana melakukan reset pabrik yaitu melalui menu pengaturan smartphone dan melalui recovery mode

#1 Reset Pabrik Melalui Menu Pengaturan Smartphone

Cara ini biasanya dilakukan jika perangkat tidak terkunci karena lupa pola/kata sandi. Untuk langkah langkahnya, silahkan baca dibawah

  • Pertama, pergi ke menu Setting, lalu ke General, pilih yang menu Backup dan reset, setelah itu pilih menu Factory Data Reset, lalu pilih Reset Device.
  • Kemudian akan muncul pop up konfirmasi, silahkan anda pilih hapus semua.
  • Selanjutnya smartphone anda akan di reset ke pengaturan pabrik, proses ini membutuhkan beberapa menit.
  • Apabila prosesnya telah selesai, maka proses reset pabrik telah selesai sampai disini.

#2 Reset Pabrik Melalui Recovery Mode

Biasanya cara ini dilakukan apabila smartphone anda lupa kata sandi, pin, dan pola ( biasanya bisa juga karena bootloop, maka harus reset pabrik melalui recovery mode). Lalu bagaimana caranya untuk masuk ke recovery mode? Simak caranya dibawah ini :

  • Pertama-tama, Matikan terlebih dahulu smartphone anda
  • Kemudian, tekan Volume up + Tombol Home + Tombol Daya secara bersamaan serta tahan selama beberapa detik atau sampai muncul logo Samsung, lalu lepaskan semua tombol secara bersamaan.
  • Untuk mengatur menu recovery mode, Anda bisa menggunakan volume up / down untuk menggeser ke atas dan ke bawah dan untuk mengonfirmasi pilihan anda dapat menggunakan tombol daya.
  • Kemudian arahkan navigasi ke pengaturan reset pabrik/factory reset, kemudian tekan tombol daya untuk mengkonfirmasi.
  • Lalu akan muncul pop up/peringatan Konfirmasi wipe semua data pengguna? Arahkan  ke opsi ya – hapus semua data pengguna, dan untuk membuat konfirmasi, silakan tekan tombol daya. Tunggu proses reset selesai.
  • Jika proses selesai, Anda akan kembali ke menu utama mode pemulihan. Disana anda pilih Reboot system sekarang dan tunggu sebentar Samsung Galaxy A8 akan boot.
  • Setelah perangkat selesai booting, perangkat akan menampilkan panduan standar untuk mengatur bahasa, wilayah, dan Wi-Fi.
    Proses reset telah selesai dan Anda berhasil mengembalikan Samsung Galaxy A8 ke pengaturan pabrik.

Demikian lah dari Cara Reset Pabrik/Factory Reset pada Samsung A8 dan A8 Plus, apabila anda mengalami berbagai kendala atau ada langkah yang kurang dipahami, silahkan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Pengetahuan itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *