Cara Membuat Efek HDR Seperti Urbex dengan Photoshop

Diposting pada
Hai Urbex People, kembali lagi ke tutorial efek foto Urbex dan pada artikel ini kami akan membagikan tutorial efek HDR seperti Urbex. HDR atau High Dinamic Range yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Jangkauan Dinamis Tinggi, maksudnya adalah pengambilan gambar dengan jangkauan cahaya yang dinamis dan lebih luas atau lebih gampangnya pencahayaan yang lebih terang.
Untuk tutorial efek HDR seperi foto Urbex kali ini kami menggunakan bantuan Plugin Nik Color Efex 4 yang pastinya akan lebih mudah ketika digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Dalam plugin tersebut juga tersedia banyak efek-efek bagus lainnya, mungkin kalian akan tertarik dengan efek lain yang di berikan . Plugin ini cocok untuk Urban sekalian yang suka fotografi.

Cara Membuat Efek HDR Seperti Urbex dengan Photoshop

Langkah Pertama

Buka gambar yang ingin diedit menjadi foto Urbex dengan cara File -> Open atau lebih mudahnya gunakan kombinasi keyboard Ctrl+O. Karena kita mengambil tema Urbex, maka foto juga harus ditempat yang jarang dieksplore atau bangunan tua, tetapi karena ini hanya artikel rewrite maka kami menggunakan foto yang ada diatas, untuk menghilangkan kepala atau wajah dan membuatnya menjadi  berwarna hitam bisa menggunakan brush tool berwarna hitam.

Langkah Kedua

Duplikat layer background dengan cara menggunakan kombinasi keyboard Ctrl+J yang kemudian layer nya pun akan menjadi dua. Lalu pilih Layer 1, jangan gunakan Layer Background

Langkah Ketiga

Pastikan sobat sudah menginstall plugin Nik Color Efex 4, kalau sudah terpasang dengan benar maka akan muncul di menu filter -> Nik Software -> Color Efex. Bagi yang belum punya plugin tersebut, kalian bisa mencarinya sendiri pluginnya di Google.

Langkah Keempat

Setelah di klik filter color efex nya, kemudian cari efek yang namanya Bleach Bypass menurut saya itu yang paling mirip dengan efek HDR yang biasanya sering digunakan oleh Urbex People.

Langkah Kelima

Silahkan atur pengaturannya sesuai keinginan kalian supaya lebih sesuai, tapi kalau kami sendiri lebih suka sama pengaturan default dari Nik Color Efex. Tapi kalau memang belum mirip dengan efek HDR ala Urbex silahkan untuk diatur sendiri supaya sesuai.
urbex
Oke sekian dulu tutorial kali ini, yang terpenting dari foto Urbex adalah hasil dan tujuannya, jangan pernah gunakan foto Urbex untuk mendapatkan pujian atau biar dibilang anak gaul. Karena pada dasarnya tujuan dari Urbex adalah mengeksplore tempat atau bangunan terbengkalai. Terima kasih telah membaca, semoga artikel dan tutorial ini bermanfaat bagi kalian. We Are Urban Explorer Not Public Enemy!
Source : MahirPhotoshop.com

Gambar Gravatar
Pengetahuan itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *