6 Cara Memilih Tinta Printer yang Bagus agar Cartridge Tetap Awet

Diposting pada

Memilih tinta printer memanglah hal yang sepele, namun apabila dipilih dengan sembarangan maka akan berakibat fatal. Ketika anda memilih tinta yang salah akan menyebabkan head cartridge printer menjadi macet. Parahnya lagi, apabila menggunakan kualitas tinta yang buruk akan membuat cartridge menjadi cepat rusak. Mengingat harga cartridge tidaklah murah, kualitas percetakan yang buruk akan menjadi pekerjaan yang sia-sia.

Faktanya, tinta printer yang sangat berkualitas merupakan kebalikan dari tinta printer yang dibawah standar alias buruk. Cara memilihnya juga cukup gampang

Lihat Juga : 6 Cara Mengatasi Masalah Printer yang Error Terbaru

  • Pilihlah merk tinta yang sama dengan merk printer tersebut.

Contoh : Canon, HP, dan Epson. Anda bisa membandingkan kualitas tintanya dengan tinta yang kualitasnya masih dibawah standar. Mulai dari segi kejelasan warna, kedalaman warna, serta tingkat gradasi.

  • Pilihlah tinta yang direkomendasikan dari merk printer tersebut.

Cara ini memang akan sedikit menghemat budget anda. Tinta yang direkomendasikan dari merk printer biasanya memiliki rentang harga yang lebih murah, dan kualitasnya juga sedikit dibawah tinta printer original. Akan tetapi, tinta rekomendasi setidaknya tetap dapat menjaga cartridge printer secara baik.

  • Cek keadaan fisik dari tinta tersebut

Pada zaman sekarang, banyak sekali bentuk kemasan yang dikemas sedemikian rupa agar terlihat seperti asli atau original. Hal pertama yang harus diperiksa adalah kemasannya. Pastikan kemasannya terlihat rapi dan bersih, serta memiliki tulisan yang jelas. Setelah itu, cobalah anda kocok tinta tersebut, tinta yang memiliki kualitas bagus adalah ketika dikocok/diaduk buih yang muncul hanya sebentar. Kemudian yang terakhir, periksa segelnya apakah sudah dibuka atau belum.

  • Bertanya kepada orang atau teman

Cara yang satu ini sering saya terapkan pada hidup saya. Ketika saya ingin membeli barang, namun karena keterbatasan pengetahuan maka saya akan bertanya kepada orang lain ataupun teman saya. Gunanya apa? Pastikan orang yang anda tanya sudah berpengelaman. Nah dengan pengalaman tersebut pasti anda akan mendapatkan toko mana yang menjadi rekomendasi serta harga murah dan memiliki kualitas yang bagus.

  • Tes Terlebih Dahulu apakah bagus atau tidak

Tidak semua toko ingin dites terlebih dahulu apakah tintanya bagus atau tidak. Karena ketika sudah dibuka tapi tidak jadi dibeli, tentu orang toko tersebut akan marah bukan. Apabila anda mempunyai langganan toko yang baik dan murah hati, maka cara ini bisa menjadi pilihan. Cobalah dahulu untuk mencetak tinta tersebut ke hvs, nah lalu cek apakah kualitasnya buruk atau bagus.

  • Mencoba Produk tersebut

Ini cara yang paling beresiko. Setelah bertanya sana sini saatnya anda membeli tinta printer apabila kualitasnya menurun ketika digunakan maka segera tinggalkan brand tersebut dan pilihlah brand yang lainnya.

Gambar Gravatar
Pengetahuan itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *