5 Tips Untuk Menghindari Berita Hoax yang Belum Terbukti Kebenarannya

Diposting pada

Sebenarnya Istilah hoax sudah ada sejak dulu, namun baru baru ini banyak media sosial/media massa yang membicarakan istilah hoax dikarenakan banyak beredarnya berita hoax. Berita Hoax, Seperti halnya sampah yang berserakan dan mengganggu kebersihan lingkungan. Dijaman yang serba canggih saat ini, internet bersama dengan perangkat-perangkat canggih memiliki kuasa yang begitu dahsyat untuk memengaruhi dunia. Apalagi internet sudah menjadi santapan umat manusia dari pagi sampai malam.

Baca JugaBisnis untuk Mahasiswa yang Paling Mudah Dijalankan di Tahun 2018

Kini berbagi informasi melalui internet dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Di lain sisi, menyebar kebencian dan cacian melalui internet juga dapat dilakukan dengan mudah, bahkan semudah mengedipkan mata.
Di Indonesia kini berada dalam status darurat hoax dengan banyaknya pengguna internet dan media sosial aktif (130 juta orang). Karenanya kita harus cerdas dan teliti dalam membaca berita, menyimpulkan makna berita dan membagikannya kepada orang lain. Dan berikut tips untuk mengidentifikasi dan menghindari berita-berita hoax melalui lima langkah berikut ini supaya kamu jadi netizen yang lebih cerdas!.

1. Baca berita dari referensi lain
Jangan langsung percaya pada satu sumber. Cobalah untuk membaca ulasan yang sama di sumber-sumber lainnya. Daripada menjadi penyebar fitnah, bukankan lebih baik jika kita memverifikasi sebuah informasi?
Pastikan Anda mencari referensi berita di media-media online yang terpercaya dan terjamin kebenarannya. Jika berita benar-benar aktual dan bisa dipertanggungjawabkan, Anda pun bebas untuk membagikannya.

2. Baca berita sampai tuntas
Data menyebutkan bahwa minat baca orang Indonesia sangatlah rendah. Inilah yang menjadi kesempatan bagi para penyebar berita hoax untuk merealisasikan modus operandi-nya. Mereka (pembuat berita palsu) seringkali membuat judul yang kesannya provokatif dan cenderung dilebih-lebihkan.
Untuk itu, Anda perlu membaca setiap berita secara tuntas. Jangan setengah-setengah atau melompat-lompat, apalagi hanya membaca judulnya saja. Jika hal ini sudah Anda lakukan, mari kita berlanjut ke langkah berikutnya.

3. Teliti sumber berita yang didapat
Setiap orang di dunia ini dapat menciptakan website ataupun aplikasi secara bebas. Apalagi, ada banyak software yang mempermudah pembuatannya, termasuk membuat media online.
Untuk itu, Anda harus memeriksa sumber berita dan memastikan tingkat kredibilitas dari media online tersebut. Apakah benar-benar terjamin, atau malah meragukan? Berikut ini adalah ciri-ciri website terpercaya yang dapat Anda gunakan sebagai tolok ukur keaslian:

  • Ada logo website
  • Ada nama penulis dan informasi lainnya
  • Navigasi dan menu website sangat jelas
  • Mencantumkan halaman khusus (contact us, pedoman siber, privacy policy
  • Menggunakan SSL (https)

4. Cek sumber foto
Ketika menemukan sebuah berita di sosial media, maka foto adalah hal pertama yang Anda lihat. Selain melalui judul, pembuat berita hoax juga mencuri perhatian para pembaca melalui gambar yang “nyeleneh” atau yang kesannya membuat Anda penasaran agar terpancing untuk membuka link tersebut.
Dalam hal ini, Anda sebagai pengguna internet yang pintar dapat menguji sumber foto melalui aplikasi buatan Google bernama Google Image Search. Anda bisa menyalin link gambar atau mengunggah gambar, selanjutnya akan muncul gambar-gambar yang masih berkaitan. Cara ini dapat membedakan mana gambar yang asli dan mana hasil modifikasi.

5. Jangan Buru-buru Sharing
Pastikan anda jangan terburu buru untuk membagikan informasi tersebut, karena kita belum tahu apakah berita tersebut sudah terbukti kebenarannya.
Ingat, kita juga memiliki tanggung jawab penting untuk tidak ikut menyebarkan hoax dan membendung penyebarannya untuk melindungi orang-orang terdekat kita dari berbagai informasi palsu yang merugikan.

Baca Juga : Resmi! Xiaomi Redmi Note 5 Akan Dirilis pada 18 April 2018 di Indonesia

Tujuan dari berita hoax adalah menyebarkan rasa takut. Cara untuk terhindar dari berita hoax yang paling jitu adalah tarik nafas dan tinggalkan berita tersebut. Kemudian, baca ulang setelah kamu sudah cenderung lebih tenang. Jangan langsung percaya dengan berita yang kamu terima, tanpa mengetahui terlebih dahulu kebenaran dan sumber pastinya. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda, jika artikel ini menarik dan bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda.

Gambar Gravatar
Pengetahuan itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *