5 Tips Membangun Usaha yang Baik dan Benar Pada Tahun 2018

Diposting pada

 

Hari demi hari sudah kita lewati mulai dari awal tahun 2017 hingga penghujung 2017. Dan kini saatnya kita beralih menuju tahun 2018, semuanya tentu ingin serba baru baik itu baju, semangat baru, impian baru,dll.

 
Adapun di tahun 2018 ini banyak yang ingin berbisnis atau membuka usaha baik itu rentang umur dari tua hingga muda. Banyak yang berpikir membuka usaha itu gampang dan mudah dijalani. Tapi pada kenyataannya, banyak yang gagal dalam bisnisnya. Hal itu disebabkan karena ketidakpahaman konsep dalam berbisnis sehingga menjadi kacau balau.
 
Padahal, membuka usaha itu dibutuhkan kesabaran yang lebih. Dibutuhkan juga berdoa agar semua rezeki di lancarkan. Karena nasib tidak ada yang tau, hanya di atas yang tau.
 
Namun, di dunia ini tidak ada yang menghalangi seseorang untuk membuka usaha. Jika anda memang berniat membuka usaha maka lakukanlah dengan penuh kesabaran.
 
Banyak dari diantara kita yang gagal dalam membangun usaha, tetapi semua itu tidak mungkin hanya mustahil belaka. Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan 5 tips membuka usaha yang baik dan benar sesuai dengan konsepnya. Silahkan disimak 
 
1. Surat Izin Usaha
 
Jika anda memang berniat untuk membangun usaha, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat surat izin usaha. Karena bisa saja pada suatu hari jika ada razia dan terbukti bahwa anda tidak memiliki surat izin usaha, maka seluruh usaha anda akan digusur oleh pihak setempat ( biasanya dilakukan oleh Satpol PP ). Dengan adanya surat izin usaha ini maka anda tidak perlu takut.
 
Karena anda bisa mengembangkan usaha anda kapan saja tanpa perlu rasa takut dan risau. Manfaat lain yang bisa anda jalin adalah anda bisa berkolaborasi dengan pemilik usaha lain yang sudah terkenal atau bahkan sudah sukses, karena anda sudah dianggap legal alias resmi.
 
2. Memahami Cara Kerja Suatu Bisnis ( Seluk Beluk ) 
 
Apabila anda tidak memahami seluk beluk bisnis/usaha, maka bisa dipastikan anda akan gagal. Karena anda tidak tahu apa apa dan hanya sembarang menjalankannya, dan bisa bisa anda akan bangkrut. 
 
Anda harus mempersiapkan semua secara matang, baik itu dari segi dana, infrastruktur, atau bahkan peralatan dukungan lainnya. Selain itu anda juga harus memahami pendahuluan, latar belakang usaha tersebut, dan menerapkan suatu cara untuk jangka panjang.
 
Apabila anda sudah mempersiapkannya semua secara matang, maka anda bisa langsung menjalankannya dengan tenang dan penuh kesabaran. Karena lama kelamaan anda pasti akan terbiasa dan mulai fasih dalam memikirkan usaha apa lagi yang bisa anda kembangkan dalam jangka panjang.
 
3. Pembeli/Konsumen Nomor Satu
 
Pernah mendengar “Pembeli adalah Raja?”. Yap betul anda harus mengutamakan konsumen anda. Anda harus melayani mereka dengan bersikap ramah, selalu tersenyum, informatif, dan tetap sabar kepada pembeli walaupun pembeli tersebut membuat anda kesal.
 
Disamping itu, banyak terjadi kasus pembunuhan karena penjual terlalu semena mena terhadap konsumen karena terlalu menggangap remeh. Perlu diingat, bagaimanapun bentuk konsumen anda, maka layanilah mereka dengan sepenuh hati dan ikhlas. Karena pada suatu saat, anda akan mendapatkan rezeki yang lebih.
 
Semakin anda ramah, maka pelanggan anda akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu.
 
4. Tetap Bersabar dan Terus Kerja Keras
 
Pasti anda ingin sukses bukan? maka teruslah berusaha, berusaha, dan berusaha. Dimana ada ketekunan, disitulah ada hasil. Sebesar apapun badai menerpa teruslah hadapi dengan kesabaran. 
 
Namun, jangan pula anda melihat bisnis tetangga atau orang lain lebih laris manis dari pada anda, dan anda ingin mencobanya dan meninggalkan usaha anda. Itu semua salah besar. Karena dengan bersikap labil tersebut, anda tidak akan sukses. Percayalah, anda harus tetap konsisten dalam menjalankan passion anda. Terus berusaha sobat
 
5. Mengikuti Zaman
 
Mengikuti zaman disini maksudnya adalah jangan mengikuti zaman dengan sepenuhnya. Sebab jika anda mengikuti sepenuhhnya, saya yakin anda bisa gila dengan teknologi zaman sekarang. Usahakan jangan terlalu ketinggalan zaman, agar konsumen anda tetap berlangganan kepada anda. 
 
Teruslah mencoba hal – hal yang baru dan jangan pernah bosan dengan hal hal yang baru
 
Ada saatnya teknologi yang kamu gunakan sudah usang bukan? maka dari itu, jangan terlalu lama/terpaku dengan cara lama anda. Terus cari hal hal yang baru
 
Akhir kata, saya sampaikan
 
Teruslah berusaha mencari hal hal yang baru. Jangan terpaku dengan cara lama anda.
dan jangan lupa juga, padi semakin berisi semakin merunduk 😀

Gambar Gravatar
Pengetahuan itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *