3 Hal yang Menyebabkan Blog/Web Menjadi Lambat dan Solusinya

Diposting pada
Pastinya kita sebagai pemilik blog/website pernah mengalami hal yang sungguh tak diinginkan, yaitu saat memuat halaman terasa lambat sekali. Hal ini pasti mempunyai dampak buruk bagi blog/website kita, salah satunya bisa pastikan pengunjung-pengunjung bakal kapok dan sangat tidak ingin berkunjung lagi ke blog milik kita.
Jika ada yang bertanya, sedangkan Biar bisa mendapatkan rating dan terindex di mesin pencari, untuk pertanyaan ini akan saya jelaskan tidak banyak, memang betul adanya bahwa google memperhitungkan sebuah kecepatan situs kecepatan apa? Sebab satu website memiliki dua hal yang perlu diperhatikan dalam kendala kecepatan, yaitu kecepatan dalam memuat byte pertama, dan memuat keseluruhan konten (gambar, video, lampiran arsip,iklan, kode). Dua  hal ini tentu sangat berbeda namun pihak google sendiri tak memberi tahu perhitungan mana yang mereka gunakan atau faktor apa yang mempengaruhi rating pada mesin pencari mereka. Tapi akan lebih baik kalau kedua perihal itu dibuat sebaik dan sesegera mungkin.
Nah kebetulan kali ini saya ingin share apa saja penyebab umum blog/website kita menjadi tidak cepat dan cara mengatasinya. Oke langsung saja.
APA PENYEBAB BLOG/WEBSITE MENJADI Tidak cepat?
 
1. UKURAN GAMBAR
 
Kita tau bahwa setiap gambar mempunyai ukuran/size yang berbeda – beda. Pasti saja ukuran gambar bisa menjadi penyebab blog kita menjadi lambat. Walau beberapa orang mengatakan gambar tak mempengaruhi kecepatan blog/website namun saya sudah menguji coba sendiri dan membuktikan bahwa gambar memang bisa mempengaruhi kecepatan sebuah web
LALU BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?
 
Untuk mengatasinya kendala diatas kita bisa mengoptimasi gambar dengan cara menggunakan tools Image Optimizer Online, Adobe Photoshop bisa digunakan seperti Kraken atau kita juga.
Minimal gambarnya jelas dan tak buram kalau lebih tidak besar boleh boleh saja tetapi kualitas resolusinya tetap bagus
2. PENYIMPANAN PERAMBAN / LEVERAGE BROWSER CACHING
 
Apa tersebut Leverage Browser Caching? Pertanyaan ini biasanya mencuat dari para blogger yang membuat template sendiri. Namun tidak sedikit juga yang menggunakan template gratis sintetis orang lain. Mungkin kita pernah saat mengunjungi satu halaman untuk pertama kalinya bakal terasa berat/tidak cepat, namun sesudah beberapa saat kita kembali lagi ke situs yang sama, loading akan terasa lebih cepat dibanding saat pertama berkunjung. Apa penyebabnya? situs yang kita kunjungi telah mempunyai perintah supaya browser kita menyimpan cache sesuai dengan yang diperintahakan misalnya seperti gambar, video, kode css, html, js, dan lain-lain. Itu sebabnya saat kita berkunjung untuk kedua kalinya browser yang kita gunakan tidak perlu memuat konten yang sudah tersimpan di browser, jadi proses loading pun bakal menjadi lebih cepat.
Sedangkan untuk website yang belum mempunyai perintah tersebut tentu bakal muncul rekomendasi supaya segera memperbaiki “Leverage Browser Caching�.
3. PENGALIHAN / REDIRECT / IKLAN
 
Pengalihan / Redirect sering dialami oleh siapa saja, redirect yang aku maksud disini dikenal sebagai URL Redirect / Pengalihan URL. Sesungguhnya, dalam beberapa kasus redirect bukanlah sebuah kendala. Tapi apa itu redirect? Redirect bisa juga dikaitkan dengan TTBF (Time to First Byte) atau waktu pengambilan byte pertama. misal aku mengetik url fb.com lewat mobile/smartphone, maka langkah-langkah kerja pengalihannya seperti ini fb.com > https://facebook.com > https://m.facebook.com. Kalau server websitenya lemah alias lambat, apalagi pop up, redirect digunakan pop under yang. Pasti ini bisa menjadi persoalan serius bagi para publisher, pilih pasang iklan tapi website jadi lambat, atau lepas iklan tetapi website oke? 
 
Kemudian bagaimana cara mengatasi masalah dalam pengalihan, ini tergantung bagaimana langkah-langkah kita mengelola satu website dan membuat strategi yang bagus Kita bisa menganalisis terlebih dahulu seberapa parah atau seberapa tidak cepat website kita yang diakibatkan oleh pengalihan. kamu bisa menganalisis di GTmetrix.

 

Gambar Gravatar
Pengetahuan itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *