12 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Bersama Keluarga

Diposting pada

12 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Bersama Keluarga – Sudah siapkah kalian mudik? Apa sajakah yang di bawa ketika mudik? Mudik merupakan tradisi orang indonesia setiap tahunnya mudik di lakukan setiap satu tahun sekali menjelang lebaran dan sudah menjadi tradisi yang masuk akal dan sudah usang terjadi, tapi tradisi ini tidak hanya ada di indonesia saja, ada juga di negara lain yang sama menyerupai negara tercinta ini yang melestarikan tradisi pulang kampung ini dan pelaksanaanya juga sama yaitu ketika menjelang lebaran tiba atau menjelang hari raya.
Kegiatan mudik atau mudik ini merupakan Sebuah silaturahmi dengan anggota keluarga sehabis sekian usang tidak bertemu atau bagi kalian yang berjauhan terhadap lingkungan hidup.

Mudik biasanya dilakukan dengan banyak sekali cara, ada yang pulang kampung dengan sepeda motor, pulang kampung memakai kendaraan beroda empat pribadi, motor matik, pulang kampung dengan bus, pulang kampung dengan kereta api, pesawat dan masih banyak lainnya. Saat ini moda transportasi yang paling banyak digunakan untuk pulang kampung dikala lebaran yakni pulang kampung dengan motor atau pulang kampung pake motor.

Kalau kalian pulang kampung memakai kendaraan motor tentunya resikonya sangat besar alasannya yakni motor merupakan kendaraan yang tidak di rancang untuk perjalanan jauh mangkanya banyak kasus kecelakaan yang terjadi ketika pulang kampung memakai kendaraan motor, penyebabnya yaitu merupakan kelalaian dari kita sendiri dan sanggup juga merupakan kecelakaan yang tidak di sengaja maka dari itu memperlihatkan Tips bagi kalian pemudik yang ingin perjalanan kalian kondusif dan nyaman dan berikut tipsnya .

Jangan berangkat mudik dahulu sebelum membaca tuntas tips kondusif dalam perjalanan pulang kampung berikut ini.

1. Mudik dengan kendaraan beroda empat atau motor pribadi/ sewaan? Cek dulu kondisi kendaraan

Apakah oli sudah diganti? Coba cek apakah kampas remnya masih bagus. Ban cadangan harus dalam kondisi tidak kempes. Periksa apakah dongkrak, kunci pas, pompa serta suku cadang cadangan sudah masuk di bagasi. Pastikan kendaraan beroda empat dalam kondisi fit biar Anda tidak mengalami kendaraan beroda empat mogok di jalan, terutama di jalan yang sepi. Anda sanggup jadi target empuk para perampok.
dan kalau kalian pulang kampung dengan kendaraan motor servis terlebih dulu kendaraan motor kalian sebelum pulang kampung alasannya yakni hal tersebut bermanfaat biar kondisi motor kita cantik lagi dan pengecekan pada suku cadang pada motor kita kalau ada yang tidak layak maka harus kita ganti untuk menghindari insiden yang tidak di inginkan ketika pulang kampung, penggantian pada Ban motor sangat di pentingkan alasannya yakni kalau ban kita sudah gundul akan membehayakan perjalanan kita alasannya yakni sanggup saja suatu dikala di perjalanan ban motor akan meledak atau kempes alasannya yakni panasnya ban tersebut ketika di perjalanan.

Jangan letakkan smartphone, uang atau barang berharga apapun di dasbor kendaraan beroda empat alasannya yakni itu juga sanggup memancing penjahat. Jangan memaksakan diri mengemudi kalau Anda mengantuk.

2. Jangan gunakan pemanis mencolok

Anting-anting dan kalung emas sebaiknya dilepas dan disimpan, kalau Anda hendak pulang kampung naik pesawat, kapal laut, bus antar kota atau kereta api. Begitu juga anting-anting atau pemanis emas lain yang digunakan anak.

3. Daftar barang bawaan

Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum Anda mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting, usahakan tidak membawa banyak barang dikala pulang kampung alasannya yakni akan menambah beban pada kendaraan terutama kalau kita pulang kampung dengan kendaraan motor usahakan tidak membawa barang yang berlebih alasannya yakni hanya akan menyiksa kita dikala di perjalanan

4. Cek kondisi kendaraan

Kendaraan yakni tulang punggung perjalanan Anda. Oleh alasannya yakni itu, pastikan kendaraan Anda apakah kendaraan beroda empat atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

5. Cek perlengkapan kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan hingga kalau terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

6. Bawalah suku cadang cadangan

Jangan abaikan soal yang satu ini. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah suku cadang cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda.

7. Kotak P3K

Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala yakni beberapa hal yang harus ada di dalam kotak donasi pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah busuk atau tidak. Anda juga sanggup menambahkan dengan obat-obatan lain.

8. Hiburan

Macet yakni rintangan utama yang mustahil Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya sanggup menghibur Anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi sobat setia dalam perjalanan.

Baca Juga Game Android Ringan Dengan Grafik Bagus yang cocok untuk menemani mudik anda

9. Peta

Banyak perusahaan jasa atau institusi swasta menyediakan peta jalur mudik. Carilah gosip di mana Anda sanggup mendapat peta itu. Biasanya, peta-peta yang dibentuk khusus untuk pulang kampung memuat sejumlah gosip yang dibutuhkan, menyerupai pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan.

10. Layanan gratis otomotif

Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang sanggup dihubungi kalau Anda mendapat problem dengan kendaran Anda. Carilah gosip di manakah posko-posko itu berada.

11. Baterai dan pulsa

Telepon seluler sekarang tak sanggup dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan hingga terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak sanggup digunakan.

12. Kondisi tubuh

Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi tubuh Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan biar Anda beristirahat setiap empat jam.

Bagaimana ? sudah terperinci bukan dan semoga kalian yang membaca artikel dari ini sanggup membuat perjalanan pulang kampung kalian yang kondusif dan nyaman dan jangan lupa Kondisi tubuh yang sehat dan segar juga kendaraan yang kondusif yakni kunci utama keselamatan dalam perjalanan ketika pulang kampung . Selamat mudik! dan semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Pengetahuan itu Penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *