11 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall WordPress Terbaru 2018

Diposting pada

11 Cara yang harus Dilakukan Setelah Menginstall WordPress Terbaru 2018 – Setelah menginstall wordpress, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Biasanya sebagian blogger ingin segera menginstall template. Memang terlihat sepele namun ini akan berakibat cukup fatal jika artikel sudah banyak dan baru dilakukan settingan dikemudian hari. Karena ini merupakan langkah awal agar wordpress menjadi lebih optimal dan tentunya agar website anda menjadi bagus dimata google. Saya sendiri ketika usai menginstall wordpress pun langsung ingin segera mengupload template. Perlu diingat bahwa ini untuk anda yang benar benar ingin berkecinampungan dengan dunia blog. Karena jika tidak diseriusin maka bisa saya pastikan anda akan gagal.
Sebagai informasi tambahan, Langkah awal yang saya bagikan ini akan cukup mengoptimalkan website anda karena backlink bukanlah segalanya. Ditahun 2018 memang backlink tidak terlalu penting (setelah saya riset di grup facebook “BLOGGER INDONESIA”). Namun, backlink juga bisa mempertahankan blog anda agar tetap bisa di halaman pertama google.

Baca Juga : Cara Mudah Menaikkan Peringkat Blog di Alexa 100% WORK 2018

Nah, disini saya akan mencoba membagikan langkah langkah yang harus dilakukan ketika pertama kali menginstall wordpress

  • Mengatur Permalink

Setelah saya riset kembali, mengatur permalink ini juga cukup penting karena ada hubungannya dengan seo. Pada saat setelah menginstall wordpress, permalink awalnya ada menggunakan tanggal dan bulan. Namun jika ingin blog anda lebih mudah dicari dengan kata kunci atau keyword maka saya sarankan anda menggunakan permalink “Nama Tulisan atau Post Name”. Bisa dikatakan post nama ini diibaratkan address postingan anda. Karena yang menjadi patokannya ada pada judul artikel anda. Misalnya judul artikel anda “Cara menanam Semangka”. Maka yang muncul di google adalah https://www.domainanda.com/cara-menanam-semangka/
Jadi, permalink Nama Tulisan ini lebih seo dimata google dan cukup optimal untuk digunakan serta dapat mendongkrak artikel anda di halaman pertama google.

  • Menginstall Plugin Akismet Anti-Spam

Yang selanjutnya adalah akismet anti-spam. Apa itu akismet anti-spam? Akismet ini sejenis plugin yang akan mengelola kolom komentar yang ada di blog anda. Jadi misalnya ada orang yang mengomentari blog anda dan meletakkan link aktif ( link blog ). Nah disinilah fungsi plugin akismet ini. Komentar yang dikirim oleh orang tak dikenal tadi tidak akan masuk langsung ke kolom komentar, melainkan disaring terlebih dahulu oleh plugin akismet anti spam ini.
Jadi anda dapat mengelola komentar tersebut apakah ingin di approve (setuju), Buang (trash), Spam, Reply, Edit, bahkan bisa juga di unapprove (jika sudah di approve). Menurut saya, plugin ini sangat berguna sekali. Karena blog saya yang satunya lagi sehari bisa mencapai 10 komentar spamming yang akan membuat blog saya terlihat seperti spam dimata google. Namun biasanya ketika wordpress selesai diinstal, plugin akismet ini akan otomatis terinstall juga. Jika wordpress anda tidak otomatis maka silahkan anda menginstall terlebih dahulu. Tidak rugi memakai plugin ini.

  • Menghapus Postingan Hello World

Ini terlihat sepele tapi cukup menjengkelkan. Ketika anda menghiraukan postingan ini nanti lama kelamaan akan ikut terindeks di pencarian google dan akhirnya menjadi sitelink. Postingan ini hanya berisikan artikel pertama kali yang ada ketika menginstall wordpress. Jadi, sebaiknya ada menghapus saja postingan hello world ini. Manfaatkan sitelink sebaik baiknya, jadi nanti sitelink yang terindeks yaitu about, contact, dll tentang identitas blog ( jauh lebih berguna ketimbang dengan postingan Hello World )

  • Isi Profil Biografi Anda

Sebaiknya anda mengisi biografi tentang apapun itu baik itu slogan blog ataupun lainnya. Ini nantinya akan menjadi author atau penulis yang akan muncul di bagian bawah setelah Artikel. Ini akan cukup berguna dan dapat mendekatkan visitor dengan keseharian anda bahkan bisa mengenal lebih dekat dengan anda.

  • Menginstall Plugin Really Simple SSL

Apa itu Really Simple SSL? dari nama saja sudah ada ‘SSL’, ini berguna untuk mengdirect protocol web anda ke https atau biasa dikatakan SSL. Namun jika hosting anda tidak mendukung SSL, hiraukan saja bagian ini. Tapi biasanya, hosting hosting pada zaman sekarang sudah include dengan SSL dengan harga yang cukup terjangkau. Menurut google, website yang memakai Https jauh lebih bagus ketimbang http. Tampilan https menunjukkan Gembok hijau yang bertuliskan Secure yang berarti ketika visitor mengunjungi web anda akan merasa lebih aman. Sebaliknya, http menunjukkan tulisan not secure yang mengakibatkan visitor lebih memilih website yang memakai https.

  • Upload Theme (Tema)

Selanjutnya barulah anda mengupload theme alias tema. Saran saya anda menggunakan Theme yang premium karena memiliki fitur yang jauh lebih bagus ketimbang free version. Tapi, anda juga jangan menganggap remeh free version, di versi free juga memiliki fitur yang lumayan. Saya sendiri pada memakai tema dari IDTHEME yang bernama superfast. Saya memilih superfast karena loading nya sangat cepat. Bisa anda cek kecepatan blog saya di Page Speed Insight. Untuk yang free, anda bisa menggunakan Ionmag atau colormag. Tampilannya juga tidak norak, kelihatan seperti untuk website pribadi. Jangan lupa juga, ketika selesai mengimport tema, segera hapus postingan bawaan tema, laman, kategori, dan tag.

  • Plugin SEO By Yoast

Ini merupakan plugin yang banyak diinstall oleh para blogger yang menggunakan wordpress. Anda bebas mengatur settingan search engine agar artikel anda bisa muncul di halaman pertama google. Sebenarnya plugin ini bukan untuk menampilkan artikel di halaman pertama google, melainkan hanya fitur yang cocok disetting agar muncul di search engine. Anda bisa mengatur Focus keyword, tag, dan meta deskripsi sesuai keinginan anda sendiri, Saya sendiri menggunakan plugin ini karena mudah disetting.

  • Mengoptimasi kecepatan tema

Biasanya para blogger sering mempermasalahkan kecepat tema di wordpress, ada yang mengeluh loading sangat lambat. Nah disini saya ada solusinya yaitu menginstall Plugin Autoptimize. Dengan plugin autoptimize ini, anda dapat dengan bebas mengatur untuk meng-minify html, javascript, dan css. Google sendiri merekomendasikan untuk meng-minify 3 hal tersebut. Untuk settingan autoptimize, mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Sebagai buktinya, anda dapat merasakan kecepatan web saya ini. Sangat kenceng bukan?

  • Menginstall Plugin Cache

Plugin ini cukup penting karena mengambil cache pengunjung ketika pertama kali mengunjungi web anda. Sehingga pada saat mengakses kembali, pengunjung tidak perlu menunggu loading yang lama karena sudah ada plugin cache. Plugin yang saya rekomendasikan yaitu WP Fastest Cache. Untuk settingannya, akan saya bahas juga di artikel selanjutnya. Namun jika anda penasaran, anda bisa mengotak atik sendiri.

  • Mendaftarkan url web anda ke google web master

Setelah semua sudah selesai di setting. Selanjutnya adalah mensubmit web anda ke google webmaster. Untuk apa fungsinya? Fungsinya agar google bisa merayapi web anda, sebenarnya tanpa disubmit google akan merayapi web anda, akan tetapi butuh waktu yang lama.

  • Membuat Sitemap Blog/Web

Tiba sampai yang terakhir yaitu membuat sitemap untuk didaftarkan ke google web master. Pada saat ini untuk membuat sitemap di wordpress cukup mudah. Hanya tinggal menginstall plugin “Google XML Sitemaps”, lalu aktifkan plugin tersebut. Nanti akan muncul notifikasi dari plugin tersebut bahwa link sitemap anda sudah dibuat. Umumnya, berupa https://www.domainanda.com/sitemap.xml
Sitemap.xml tersebutlah yang disubmit ke google webmaster.
Itulah 11 Cara yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall WordPress Terbaru 2018, sebenarnya semua cara itu sudah saya riset melalui beberapa sumber dan beberapa ahli yang sudah berkecinampungan di dunia wordpress. Saya sendiri juga masih belajar tentang wordpress. Namun tidak apa-apa, kita semua masih sama-sama belajar. Jika ada yang salah, mohon dikoreksi, karena tidak ada manusia yang sempurna.

Gambar Gravatar
Pengetahuan itu Penting!

One thought on “11 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall WordPress Terbaru 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *